Kamis, 07 April 2011

RPP SKI MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Harun Al Rasyid.
Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan biografi khalifah Harun Al Rasyid
Indikator : 5.1.1 Mengidentifikasi biografi singkat khalifah Harun Al Rasyid.
5.2.1 Menceritakan kembali biografi khalifah Harun Al Rasyid.

I. Materi pokok : Biografi Harun Al Rasyid
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan Memahami biografi dan kebijakan khalifah Harun Al Rasyid..
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Contoh Lembar Kerja Siswa :
Jelaskan Biografi Harun Al Rasyid !
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran

Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Harun Al Rasyid.
Kompetensi Dasar : 5.2 Mengidentifikasi upaya-upaya dan jasa khalifah Harun Al Rasyid
Indikator : 5.2.1 Menyebutkan upaya-upaya khalifah Harun Al Rasyid.
5.2.2 Menyebutkan jasa-jasa khalifah Harun Al Rasyid.
5.2.3 Memisah-misah upaya-upaya khalifah Harun Al Rasyid sesuai dengan bidangnya
5.2.4 Memisah-misahkan jasa-jasa khalifah Harun Al Rasyid sesuai dengan bidangnya.

I. Materi pokok : Biografi Harun Al Rasyid
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan Memahami biografi dan kebijakan khalifah Harun Al Rasyid..
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Contoh Lembar Kerja Siswa :
Jelaskan Biografi Harun Al Rasyid !
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran

Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Harun Al Rasyid.
Kompetensi Dasar : 5.3 Meneladani kesolehan dan kedemawanan kholidah harun al Rosyid
Indikator : 5.3.1 Mengidentifikasi contoh tindakan khalifah Harun Al Rasyid yang mencerminkan kesolehan dan kedermawanannya
5.3.2 Meneladani kesolehan dan kedermawanan khalifah Harun Al Rasyid..

I. Materi pokok : Keteladanan khalifah Harun Al Rasyid.
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan Memahami biografi dan kebijakan khalifah Harun Al Rasyid..
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Contoh Lembar Kerja Siswa :
Jelaskan Keteladanan khalifah Harun Al Rasyid !
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran

Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdullah Al- Makmun.
Kompetensi Dasar : 6.1 Menjelaskan biografi khalifah Abdullah Al- Makmun
Indikator : 6.1.1 Mengidentifikasi biografi singkat khalifah Abdullah Al- Makmun.
6.1.2 Menceritakan kembali biografi Abdullah Al- Makmun.

I. Materi pokok : Biografi khalifah Abdullah Al Makmun
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdullah Al- Makmun..
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Biografi khalifah Abdullah Al Makmun !
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdullah Al- Makmun.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengidentifikasi upaya-upaya khalifah Abdullah Al- Makmun.
Indikator : 6.2.1 Menyebutkan upaya-upaya khalifah Abdullah Al- Makmun.
6.2.2 Menggolongkan upaya-upaya khalifah Abdullah Al- Makmun sesuai dengan bidangnya.

I. Materi pokok : Upaya-upaya khalifah Abdullah Al Makmun
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan bidang-bidang yang dilakukan oleh khalifah Abdullah Al Makmun.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Kelompokkan upaya-upaya khalifah Abdullah Al Makmun sesuai dengan bidang masing-masing !
Contoh Lembar Kerja Siswa :

No. Upaya-upaya
Al Makmun dibidang sosial Ekonomi
1
2
3
4
……………………..
…………………….
……………………
……………………
dst

By Kelp
……..
No. Upaya-upaya
Al Makmun dibidang sosial Ekonomi
1
2
3
4
……………………..
…………………….
……………………
……………………
dst
By Kelp
………

b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami biografi dan kebijakan khalifah Abdullah Al- Makmun.
Kompetensi Dasar : 6.3 Meneladani kecintaan terhadap ilmu pengetahuan khalifah Abdullah Al- Makmun.
Indikator : 6.3.1 Mengidentifikasi contoh-contoh tindakan khalifah Abdullah Al- Makmun yang mencerminkan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan.
6.3.2 Meneladani kecintaan terhadap ilmu pengetahuan khalifah Abdullah Al- Makmun.

I. Materi pokok : keteladanan khalifah Abdullah Al Makmun
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan bidang-bidang yang dilakukan oleh khalifah Abdullah Al Makmun.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan keteladanan khalifah Abdullah Al Makmun !
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya.
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi kemajuan-kemajuan dinasti abasiyah dan tokok-tokohnya dibidang sosial budaya.
Indikator : 7.1.1 Menjelaskan kemajuan-kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya
7.1.2 Menyebutkan tokoh-tokoh dibidang sosial budaya.

I. Materi pokok : Kemajuan abasiyah dibidang sosial budaya
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya..
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Kemajuan abasiyah dibidang sosial budaya !
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya.
Kompetensi Dasar : 7.2 Menjelaskan dampak kemajuan sosial budaya bagi perkembangan umat Islam.
Indikator : 7.2.1 Menjelaskan dampak kemajuan sosial budaya bagi perkembangan umat islam
7.2.2 Memberi contoh dampak kemajuan sosial budaya bagi perkembangan umat Islam.

I. Materi pokok : Dampak kemajuan sosial budaya
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Dampak kemajuan sosial budaya!
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya.
Kompetensi Dasar : 7.3 Meneladani ketekunan tokoh-tokoh dibidang sosial budaya.
Indikator : 7.3.1 Menyebutkan contoh sikap / sifat yang bisa diteladani dari tokoh-tokoh dibidang sosial budaya
7.3.2 Meneladani ketekunan para tokoh dibidang sosial budaya.

I. Materi pokok : Keteladanan tokoh bidang sosial budaya
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan kemajuan dinasti abasiyah dibidang sosial budaya.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Keteladanan tokoh bidang sosial budaya !
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik dan militer
Kompetensi Dasar : 8.1 Mengidentifikasi kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dan tokoh-tokohnya dibidang politik dan militer.
Indikator : 8.1.1 Menjelaskan kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik dan militer
8.1.2 Menyebutkan tokoh-tokoh dibidang politik dan militer

I. Materi pokok : Kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik militer
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik dan militer.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik militer !
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik dan militer
Kompetensi Dasar : 8.2 Menjelaskan dampak kemajuan politik dan militer bagi perkembangan umat islam
Indikator : 8.2.1 Menjelaskan dampak kemajuan politik dan militer bagi perkembangan umat Islam
8.2.2 Mencontohkan dampak kemajuan politik dan militer bagi perkembangan umat Islam

I. Materi pokok : Dampak kemajuan politik dan militer
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik dan militer.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Dampak kemajuan politik dan militer!
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : MTs N.....................
Mata Pelajara : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami kemajuan-kemajuan dinasti abbasiyah dibidang politik dan militer
Kompetensi Dasar : 8.3 Meneladani ketekunan tokoh-tokoh dibidang politik dan militer
Indikator : 8.3.1 Menyebutkan contoh sikap / sifat yang bisa diteladani dari tokoh-tokoh dibidang politik militer
8.3.2 Meneladani ketekunan para tokoh dibidang politik dan militer

I. Materi pokok : Keteladanan tokoh dibidang politik dan militer
II. Metode Pengajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi
III. Langkah-langkah :
a. Kegiatan awal
Siswa bersama guru berdo’a, kemudian dilanjutkan dengan appersepsi, pretes, penyampaian kompetensi yang harus dicapai siswa setelah pembelajaran, dan motivasi sampai siswa benar-benar siap belajar.
b. Kegiatan inti
1. Masing-masing kelompok menerima lembar kerja sesuai dengan bidang-bidang yang dilakukan oleh khalifah Abdullah Al Makmun.
2. Setiap kelompok mengisi lembar kerja tersebut.
3. Masing-masing bidang dipresentasikan oleh kelompok secara bergantian.
c. Penutup
Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan
IV. Alat dan sumber belajar
1. Buku pelajaran SKI
2. Ensiklopedia Islam
3. Lembar tugas
V. Penilaian
a. Tes tertulis
Jelaskan Keteladanan tokoh dibidang politik dan militer!
Contoh Lembar Kerja Siswa :
b. Pengamatan
Pengamatan guru terhadap siswa selama proses pembelajaran


Mengetahuai ………………………..
Kepala Madrasah,




Guru Mata Pelajaran,
…………………….. …………………….
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar